Rabu, 11 Maret 2020

Jejak Wirausaha Muda; Kaesang Pangarep


source photo: gesuri.id
Mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Kaesang Pangarep. Anak bungsu dari Presiden RI ke-7 tersebut memulai karirnya sebagai seorang wirausaha. Baginya, sebagai anak muda yang khususnya masih menempuh pendidikan, memulai bisnis adalah salah satu cara untuk dapat mendapatkan penghasilan dan meniti karir.
Pada tahun 2017, Kaesang mencoba membuka bisnis. Usaha pertamanya adalah Sang Javas (usaha clothing), yang kemudian memulai membuka usaha jenis lainnya, seperti Sang Pisang, Hopimpa Games, Aplikasi Madhang, Sang Javaz-Truz, Ternakopi, Mangkok Ku, Yang Ayam, dan lainnya. Semuanya bisnis usahanya dimulai dan dibangun saat umurnya tergolong muda, yaitu 22 tahun.
source photo : my eat and travel story
Dari banyaknya bisnis yang dibangun oleh Kaesang Pangarep, hampir semua bisnis Kaesang sangat unik dari segi ide dan nama, salah satunya adalah Sang Pisang. Dengan mengangkat makanan tradisional, pisang goreng, Kaesang memulai langkahnya dalam bidang bisnis kuliner. Membutuhkan waktu dan perjalanan yang panjang dalam membuat Sang Pisang dapat diterima oleh masyarakat luas.
Kaesang yang dikenal sebagai anak dari Presiden Joko Widodo mampu membuktikan bahwa dirinya tidak bergantung kepada orang tuanya, yang memiliki jabatan tertinggi di Indonesia. Selain itu, Kaesang juga dapat menginspirasi dan memotivasi anak muda dalam berbisnis. Kini, sudah tersedia lebih dari 70 cabang Sang Pisang di seluruh Indonesia. Jejak wirausaha muda tersebut banyak diikuti oleh kaum milenial. Walau demikian, Kaesang tidak pernah terlihat tinggi hati, justru ia senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana usahanya dirintis dari awal.
Kaesang memulai seluruh ide bisnisnya melalui ide yang sederhana dan biasa ditemukan di masyarakat, seperti Sang Javas yang idenya adalah clothing dengan gambar tokoh wayang Jawa, Sang Pisang yang berbahan dasar pisang yang kemudian diinovasikan kembali, dan Aplikasi Madhang yang konsepnya adalah informasi tentang penjual masakan rumahan oleh para Ibu Rumah Tangga atau Pemilik Catering. Dengan modalnya sendiri, Kaesang mencoba peruntungannya dalam bisnis. Kaesang juga memberikan semangat wirausaha kepada para kaum muda yang terhambat oleh modal. Beberapa usaha karya anak bangsa yang menarik dan sungguh-sungguh juga dibiayai oleh Kaesang, salah satunya usaha Mango Stick Rice di Balikpapan. Kini, Kaesang bukan hanya dikenal sebagai anak bungsu Presiden RI, tetapi juga sebagai wirausahawan muda.
“Memulai usaha itu tergantung di diri sendiri, mau atau tidak menjalaninya. Jangan ragu, jalanin aja dulu!’ - Kaesang Pangarep


Tidak ada komentar:

Posting Komentar