Selasa, 16 Juni 2020

My Bisnis

Untuk membangun sebuah bisnis, perlu proses dan waktu yang sangat panjang. Sebuah bisnis dibangun atas persiapan dan perhitungan yang tepat, sebab tujuan umum membangun sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, bukan kerugian. Maka dari itu, berikut adalah sekilas gambaran proses singkat yang akan dijabarkan dalam artikel ini dalam membangun sebuah bisnis. Selamat membaca.. ^^

YUMBOX

Jika pada artikel sebelumnya, Kita sudah membahas mengenai sumber ide bisnis. Maka, sekarang adalah waktunya Anda menentukan usaha apakah yang akan Anda jalankan. Saya akan membuka sebuah usaha dari salah satu ide bisnis, yaitu rice box pada teknik AMT (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Mengapa memilih usaha rice box ? Saya melihat bahwa konsumen lebih tertarik pada usaha FnB (Food and Beverages), khususnya makanan yang instan, murah, dan praktis. Rice box dapat menjadi alternatif ketika konsumen bingung mencari kudapan dan butuh makanan yang mengenyangkan namun praktis.


           Nama usaha rice box ini adalah YumBox, dimana YumBox menjual 3 varian menu rice box yang terdiri dari karbohidrat (nasi), protein (ayam atau ikan dan telur), serta varian saus atau sambal yang disajikan di dalam kotak yang praktis. Pada bulan pertama hingga bulan ke-enam, YumBox tersedia dalam 3 varian menu yaitu Rice Box Ayam Sambal Matah, Rice Box chicken mushroom sauce, dan Rice Box Fish mushroom sauce. Makanan adalah kebutuhan primer manusia, jadi peluang usaha dari usaha makanan lebih besar. YumBox akan memproduksi sebanyak 100 box setiap harinya. Sistem pemesanannya adalah pre-order, jadi pesanan dibuat dan dikirim H+1 pemesanan. Pemesanan dapat dilakukan lewat DM instagram @YumBox atau lewat Shopee YumBox, pengiriman oleh Go-Jek. YumBox melayani pesanan dari hari senin-jumat hanya sekitar JABODETABEK. Bisnis ini akan dikelola oleh 4 orang, dengan masing-masing job desk yang dijabarkan dalam bagan berikut:
A. Pemasaran

            Pemasaran dan promosi YumBox dilakukan di sosial media (based on online marketing), yaitu melalui instagram dengan konten-konten menarik berupa postingan foto atau video YumBox di feeds instagram. Selain itu, Pemasaran dilakukan melalui kampanye YumBox yaitu #1KotakRasaLumer. Kampanye ini dimaksudkan agar konsumen awareness terhadap produk YumBox dan tertarik untuk membeli YumBox. Selain itu, pemasaran juga dilakukan dengan promosi lewat selebgram (selebriti Instagram) agar konsumen melakukan profile visit pada halaman instagram YumBox dan tertarik terhadap produk YumBox. YumBox juga dapat dipesan melalui DM instagram dan shopee. Pesanan akan dikirim H+1 setelah pemesanan, akan dikirim serempak jam 10 pagi oleh Go-Jek. Sehingga, pada jam makan siang, konsumen dapat menyantap rice box YumBox.
            Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk. Harga jual yang akan kami tawarkan adalah Rp.15.000 per box. Dalam tahap promosi, YumBox juga membagikan 2 rice box di tiap minggu untuk 2 orang apabila membagikan review YumBox di Instagram dengan video yang menarik. Promosi tersebut sebagai ajang promosi secara tidak langsung dari konsumen agar konsumen lain tertarik.

B. Aspek Keuangan
            B.1 Sumber Keuangan
Modal yang akan digunakan bersumber dari pinjaman orang tua sebesar Rp 20.000.000 dana pinjaman dari orang tua dan Rp 5.000.000 dari uang pribadi.
            B.2 Kebutuhan Investasi      
            Tabel 1. Kebutuhan Investasi
No.  Keterangan  Unit  Harga/Unit Jumlah
1 Kompor Gas 1 Rp. 250.000 Rp. 250.000
2 LPG 12 Kg 1 Rp. 145.000 Rp. 145.000
3 Wadah Nasi Alumunium  2 Rp.45.000 Rp. 90.000
4 Sendok Nasi Plastik 100 Rp. 900 Rp. 90.000
5 Kemasan Box 100 Rp. 1.500 Rp. 150.000
6 Centong 2 Rp. 7.500 Rp. 15.000
7 Pisau 3 Rp. 10.000 Rp. 30.000
8 Telenan  2 Rp. 15.000 Rp. 30.000
9 Wadah Alumunium  4 Rp. 30.000 Rp. 120.000
10 Wajan/Kuali  2 Rp. 100.000 Rp. 200.000
11 Rice Cooker Jumbo 1 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000
Jumlah  Rp. 2.120.000
*Sumber: Penulis, 2020
Kebutuhan sumber daya modal yang sangat diperlukan sebagai media pendukung bisnis ini memerlukan biaya sebesar Rp. 2.120.000
           B.3 Kebutuhan Modal Kerja
           Tabel 2. Kebutuhan Modal Kerja 
No.  Keterangan  Unit Harga/Unit Jumlah
1   Daging Ayam 60 Kg Rp. 40.000 Rp. 2.400.000
2   Daging Ikan Dori 40 kg Rp. 50.000 Rp. 2.000.000
3   Jamur 20 kg Rp. 40.000 Rp. 800.000
4   Cabai  10 kg Rp. 30.000 Rp. 300.000
5   Bawang Merah  5 Kg Rp. 10.000 Rp. 50.000
6   Sereh  1 Kg Rp. 30. 000 Rp. 30.000
7   Penyedap Rasa 2 sachet Rp. 10.000 Rp. 20.000
8   Gula  2 kg Rp. 12.000 Rp. 24.000
9   Lada  3 Botol Rp. 5.000 Rp. 15.000
10  Tepung Terigu  40 kg Rp. 10.000 Rp. 400.000
11  Susu Cair  80 liter Rp. 13.000 Rp. 1.040.000
12  Beras 200 kg Rp. 12.000 Rp. 2.400.000
13  Telur 130 kg Rp. 22.000 Rp. 2.860.000
Jumlah  Rp. 12.339.000
*Sumber : Penulis, 2020
Biaya kebutuhan modal kerja di tabel disajikan berdasarkan kebutuhan per bulan (20 hari toko melayani), dengan total sebesar Rp. 12.339.000. Maka, per hari menghabiskan biaya sebesar Rp. 616.950
         B.3 Biaya Operasional Lainnya 
         Tabel 3. Biaya Operasional Lain
No. Uraian  Jumlah (Rp) Perbulan
1   Biaya Listrik dan Air Rp. 200.000
2   Gaji Karyawan (3 Orang) Rp. 6.000.000
3   Biaya Lainnya Rp. 300.000
Jumlah Rp. 6.500.000
*Sumber: Penulis, 2020
          B.4 Analisa Keuangan YumBox 
                 Jika dalam 1 hari, YumBox memproduksi 100 box. Maka, dalam 1 bulan (20 hari produksi) YumBox menjual 2.000 box. Harga Jual per box sebesar Rp. 20.000, maka per hari Yumbox mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 2.000.000. Berikut adalah tabel perhitungan pengeluaran Yumbox tiap 1 bulan: 
No.  Biaya Jumlah
1   Kebutuhan Investasi  Rp. 2.120.000
2   Kebutuhan Modal Kerja Rp. 12.339.000
3   Operasional Rp. 6.500.000
Jumlah Rp. 20. 959.000
Maka, pengeluaran per bulan sebesar Rp. 20.959.000 dikurangi dengan pendapatan per bulan sebesar Rp. 40.000.000. Hasil pendapatan YumBox per bulan adalah Rp. 19.041.000

C. Business Model Canvas 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara menyusun BMC pada bisnis, dapat dilihat pada video berikut ini ....

Download file Proposal Kegiatan Kreativitas Kewirausahaan YumBox di bawah ini!! 


DOWNLOAD DISINI!!
DOWNLOAD DISINI!!
Sekian penjabaran mengenai ide bisnis YumBox, lengkap dengan sumber bisnis, deskripsi produk, keuangan, organisasi, hingga pemetaan pada business model canvas (BMC), semoga informasi tersebut dapat menjadi gambaran untuk jenis usaha yang akan Kalian jalankan yaa!!.. Sampai jumpa di informasi lainnya^^


1 komentar:

  1. Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
    Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
    Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

    Salam Hormat Saya,
    Anya Bennett.

    BalasHapus