Selasa, 02 Juni 2020

BUSINESS PLAN


Hallo readers…. setelah postingan sebelumnya sudah membahas mengenai manajemen keuangan, analisa kelayakan bisnis, serta cara menghitung investasi, maka di postingan tulisan ini, akan membagikan informasi mengenai perencanaan bisnis atau business plan. Simak informasi lebih lanjut di bawah ini yaa.. selamat membaca! J



   Perencanaan bisnis atau dalam bahasa asing yaitu business plan merupakan suatu rencana tertulis yang memuat tujuan, model bisnis, cara kerja, manajemen, dan sebaginya yang berkaitan dengan bisnis yang akan atau sedang dijalankan. Berikut adalah pengertian business plan dari beberapa ahli, diantaranya:
·         Megginson (2000)
Business plan merupakan suatu rencana tertulis yang memuat misi serta tujuan bisnis, cara kerja, serta rincian keuangan atau permodalan lapisan para owner serta manajemen serta bagaimana cara menggapai tujuan bisnisnya.
·         Bygrave (1994:110)
Business plan merupakan suatu dokumen yang melaporkan kepercayaan akan keahlian suatu bisnis untuk menjual benda atau jasa dengan menciptakan keuntungan yang memuaskan serta menarik untuk penyandang dana.
·         Hisrich and Peters
Business plan adalah arsip tertulis yang disediakan oleh inventor yang memvisualkan semua unsur eksternal dan internal yang signifikan yang berperan serta dalam melakukan usaha baru.

      Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa business plan adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tentang bagaimana bisnis yang akan Anda bangun, lengkap dengan rencana tujuan apa saja yang ingin diraih dan strategi untuk meraih tujuan tersebut. Jadi, bisa dibilang business plan ini akan menjadi penunjuk arah ke mana bisnis Anda akan berkembang. Sebuah bisnis harus direncanakan dengan baik dan terencana. Berikut merupakan beberapa manfaat membuat business plan, yaitu:
·         Untuk perencanaan memulai sebuah bisnis ataupun usaha
·         Untuk mengetahui sumber dana
·         Membuat bisnis atau usaha menjadi lebih pokok dan terencana dengan baik
·         Membuat perencanaan untuk masa depan
·         Untuk memajukan tingkatan bisnis
A. Prinsip Business Plan
         Terdapat 5 (lima) prinsip dalam business plan, yaitu prinsip otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan, dan integritas moral. Berikut adalah penjelasan mengenai 5 prinsip business plan (perencanaan bisnis) :
1.  Prinsip Otonomi, adalah prinsip dimana wirausahawan (pelaku usaha) memiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.

2.     Prinsip Kejujuran, merupakan prinsip yang sangat penting dalam berbisnis atau menjalankan usaha, karena sikap jujur akan membangun bisnis menjadi lebih berkembang dan baik.
3.    Prinsip Keadilan, adalah prinsip yang mengaktualkan visi-misi yang telah kita buat agar bisnis sesuai dengan rencana yang diharapkan. Sikap adil ini merujuk pada perilaku seimbang dan sesuai dengan apa yang seharusnya. Menerapkan keadilan dapat menciptakan iklim persaingan yang sehat di dalam pasar bisnis.
4.   Prinsip Saling Menguntungkan, adalah prinsip yang menyatakan bahwa dalam berbisnis harus menguntungkan semua pihak, artinya setiap pihak yang terlibat harus saling menguntungkan.
5.  Prinsip Integritas Moral, ialah prinsip bahwa seorang pengusaha bukan hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan juga harus memiliki media yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis dan perusahaan. Penanaman integritas moral dalam suatu usaha dapat mempengaruhi hasil akhir, maka dari itu para pelaku bisnis harus menjalankan usahanya dengan penuh tanggung jawab, adil, jujur, ulet, gigih, dan sebagainya.

B. Kerangka (Format) Business Plan
         Dalam membuat sebuah perencanaan bisnis, maka harus dibuat secara sistematis dan lengkap. Ada beberapa variasi format dari business plan. Pada umumnya sebuah perencanaan bisnis memiliki format sebagai berikut:
I.  Pendahuluan
Antara lain berisi penjelasan mengenai:
1.     Latar belakang dan motivasi melakukan usaha
2.     Justifikasi pemilihan obyek usaha.
3.     Tujuan Usaha yang hendak dicapai
II.  Analisis Produk
Antara lain berisi penjelasan mengenai:
1.     Jenis dan nama produk, karakteristik produk
2.     Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran
3.     Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku
III.  Analisis Pasar
Antara lain berisi uraian mengenai:
1.     Profil konsumen.
2.     Potensi dan segmentasi pasar
3.     Pesaing dan peluang pasar
4.     Media promosi yang akan digunakan
5.     Target atau rencana penjualan satu tahun
6.     Strategi pemasaran yang akan diterapkan
IV.  Analisis Produksi/Operasi
Antara lain berisi uraian mengenai:
1.     Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan
2.     Pasokan bahan baku
3.     Proses produksi/operasi
4.     Rencana produksi selama 1 tahun
V.  Analisis Keuangan
Antara lain menjelaskan tentang:
1. Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai perhitungannya)
2.     Penentuan harga pokok penjualan
3.     Rencana Neraca awal dan Neraca Akhir Tahun
4.     Rencana Laporan Laba/Rugi

Artikel ini merupakan penjelasan mengenai business plan secara umum dan singkat. Untuk mengetahui tutorial membuat business plan (perencanaan bisnis), simak video di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian... sampai jumpa di pembahasan tentang kewirausahaan berikutnya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar