Senin, 08 Juni 2020

IDE BISNIS


Hallo readers… bagi kalian, para wirausahawan, pelaku usaha kecil, dan orang yang memiliki keinginan berbisnis, artikel ini cocok bagi kalian yang sedang mencari ide bisnis. Simak cara mencari ide bisnis melalui artikel berikut yukk… Selamat membaca!


            Salah satu kunci kesuksesan memulai suatu usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Banyak orang mengatakan bahwa “ide atau gagasan” mahal harganya. Beberapa orang terkadang bingung untuk mencari ide untuk bisnis yang ingin dijalankan. Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluang usaha/bisnis.
Ide merupakan produk berfikir kreatif yang melibatkan penggunaan indra pendengar, penglihat dan perasa. Interaksi dari ketiga indera ini mendorong daya pikir seorang wirausahawan untuk menghasilkan ide. Sebuah ide bisnis harus rasional, artinya menurut pikiran yang sehat dan pertimbangan yang logis, serta masuk di akal.Wirausahawan yang sukses salah satunya mampu menemukan ide melalui berbagai teknik yang ada. Penemuan ide bisnis tersebut diperoleh dari pencarian ide bisnis melalui cara berfkir terhadap suatu hal. Jika Anda masih bingung untuk memulai bisnis apa, maka berikut merupakan beberapa cara untuk mencari ide bisnis, diantaranya:
1. Hobi/Minat
            Salah satu cara mencari ide bisnis dapat ditemukan dari hobi yang Anda miliki. Seseorang yang menjalankan bisnis berdasarkan hobi biasanya akan lebih senang dan fokus untuk dijalani, karena sesuai dengan hobi dan minat terhadap sesuatu. Minat atau hobi cukup efektif untuk membangun keyakinan dan motivasi kuat untuk mandiri. Orang tidak merasa terbebani bila melakukan kegiatan yang ia sukai, terutama yang berkaitan dengan minat dan hobi. Misalnya: Anda memiliki hobi di bidang memasak, maka ide bisnis dari hobi Anda adalah membuka usaha/bisnis makanan. Dalam hobi memasak Anda, Anda unggul pada masakan minang. Maka, jenis usaha yang dapat dijalankan salah satunya adalah membuka restoran masakan minang atau membuat frozen food masakan Minang. Ada banyak sekali ide bisnis yang dapat muncul dari hobi Anda, hal tersebut tidak sulit karena Anda biasanya memahami minat Anda.
2. Lingkungan Sekitar
          Apabila merasa sulit untuk menemukan ide bisnis melalui hobi, karena hobi kalian banyak dan tidak spesifik, maka Anda dapat menemukan ide bisnis dari lingkungan sekitar. Amati kebutuhan dan peluang dari lingkungan sekitar Anda. Hal tersebut berkaitan dengan geografis, sosiologis, dan hal-hal yang sedang viral atau trend. Salah satu contohnya; di lingkungan sekitar rumah Anda tidak ada tempat print atau photocopy dan ATK. Maka, Anda dapat membuka tempat atau menyediakan jasa print atau photocopy.
             Hal-hal yang sedang trend juga berpeluang menjadi ide bisnis, Anda harus amati apa yang sedang trend akhir-akhir ini. Cara ini mungkin beresiko, karena beberapa orang akan membuat usaha yang serupa di waktu yang bersamaan (karena sedang trend). Salah satu resikonya adalah ketika sudah tidak trend, maka bisnis Anda bisa jadi tidak diminati orang-orang. Maka dari itu, perlunya inovasi produk dan ciri khas bisnis agar konsumen tidak mudah bosan. Salah satu contoh ide bisnis dari trend yaitu: Dalgona coffee. Dalgona coffee sedang trend akhir-akhir ini di Indonesia, karena rasanya yang enak serta popular di Korea. Remaja Indonesia menyukai budaya korea, maka dari itu beberapa dari mereka mencoba Dalgona coffee. Anda bisa membuat usaha Dalgona coffee yang sedang trend atau viral tersebut.
3. Teknik AMT (Amati, Tiru, Modifikasi)
            Hal ini juga sering dilakukan orang-orang ketika memulai sebuah bisnis. Ide bisnis dapat muncul dengan mengamati, meniru, dan memodifikasi produk. Ide bisnis yang dimulai dari membuat barang atau jasa yang sudah ada merupakan kegiatan yang paling mudah dan sangat cepat untuk dilaksanakan dikarenakan tidak memerlukan sesuatu yang baru yang membutuhkan riset dan persiapan khusus. Mengamati sesuatu yang terjadi di "sekitar" kita bisa menjadi peluang bisnis. Pengamatan ini diperlukan bagi mereka yang ingin mandiri. Identifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi bisa menimbulkan peluang bisnis yang bisa terus dikembangkan.
            Ketika menentukan ide bisnis, perlu diperhatikan dengan baik ide bisnis yang akan anda tekuni. Pengamatan serta riset mengenai ide bisnis juga amat penting, karena akan terlihat peluang serta kelemahan yang mungkin muncul pada ide bisnis tersebut. Agar bisnis berjalan dalam waktu yang lama, maka Anda perlu membuat bisnis Anda berbeda dari bisnis lainnya, maka dari itu perlunya modifikasi. Salah satu contoh ide bisnis dari teknik AMT (Amati, Tiru, Modifikasi) yaitu, bisnis makanan rice box. Bisnis rice box sedang marak di kalangan  masyarakat, karena penyajiannya yang praktis, cepat, dan juga murah. Maka, Anda dapat mengamati bisnis rice box serupa yang sukses (contoh: rice box by daily box), kemudian Anda dapat meniru bisnis tersebut. Konsepnya adalah rice box dengan komposisi nasi, lalapan, protein, dan sambal. Selanjutnya adalah modifikasi, Anda perlu memodifikasi produk atau bisnis Anda, misalnya dari segi menu, tempat penyajian, logo, konsep, dsb.

Dalam mencari ide bisnis dapat ditemukan dari mana saja dan kapan saja, sekalipun dari percobaan yang tak terduga sekalipun. Maka dari itu, Anda harus tetap semangat dan pantang menyerah untuk membangun sebuah bisnis. Sekian penjelasan singkat mengenai ide bisnis beserta cara mencari ide bisnis, untuk penjelasan lebih lanjut, simak video berikut!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar