Selasa, 31 Maret 2020

ASPEK PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA

             
            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang wirausaha, salah satunya adalah dalam bidang pemasaran. Pemasaran adalah aktifitas kompleks dalam usaha untuk menyampaikan informasi produk atau layanan jasa, penawaran dan negosiasi, penyaluran produk kepada konsumen, yang dilakukan oleh suatu institusi atau badan usaha secara sistematis dan terencana. Pemasaran selalu menjadi ujung tombak institusi atau sebuah badan usaha baik yang berskala besar maupun yang berskala kecil untuk berhasil dalam kegiatan usahanya.
            Secara sederhana menyatakan bahwa definisi pemasaran sebagai suatu proses pengenalan produk atau layanan khusus kepada konsumen yang potensial (dominan terhadap produk yang kita hasilkan). Dengan konsep yang demikian, maka aktifitas pemasaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien serta lebih menguntungkan. Terdapat beberapa aspek yang perlu di perhatikan. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan, dan lain sebagainya. Yuk, kita ulas kelima aspek tersebut.
      1. Periklanan
Dalam aspek pemasaran yang pertama, tentu periklanan juga dapat membantu proses pemasaran menjadi mudah dan dengan cepat dikenal oleh pasar. peran dari iklan itu sendiri memang untuk membantu memperkenalkan produk yang akan dijual kepada konsumen. Semakin dikenal produk tersebut, biasanya kepercayaan masyarakat juga akan lebih meningkat. Fungsi lain dari iklan adalah untuk menarik minat pembeli, membantu mengidentifikasikan produk, hingga membangun rasa cinta pada produk itu sendiri.
Pada periklanan, seorang wirausaha dapat menggunakan media massa (elektronik dan cetak) untuk memasarkan barang/jasa. Pemilihan media periklanan juga harus disesuaikan dengan target pasar. Apabila Anda sedang menjual kendaraan mobil, maka media periklanan yang dapat anda gunakan seperti; sosial media, TV,  flyer. Meningkatkan penjualan melalui iklan memang merupakan ujung tombak dari perusahaan untuk membantu meningkatkan penjualan.
2.      Promosi
Dalam melakukan pemasaran, kegiatan promosi berguna untuk membuat produk yang Anda pasarkan menjadi semakin dikenal di kalangan masyarakat luas. Selain itu, kegiatan promosi juga dapat manarik minat konsumen serta meningkatkan penjualan. Kegiatan promosi yang dapat digunakan sangat beragam, misalnya membuka bazaar di acara-acara tertentu, kerjasama dengan brand lain, menyiapkan testi produk atau kegiatan menarik lainnya dengan tujuan memperkenalkan produk/jasa tersebut ke publik.
Dalam memasarkan produk/jasa, kegiatan promosi juga berperan penting untuk meningkatkan brand awareness dan informasi mengenai produk/jasa. Aspek promosi juga sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan meningkat secara signifikan. Misalnya; Anda adalah seorang wirausaha sedotan bambu, maka kegiatan promosi yang dapat Anda lakukan diantaranya yaitu mengikuti bazaar di acara Hari Lingkungan Hidup, kerjasama dengan produk tumbler, dan masih banyak lainnya.
3.      Penjualan
Strategi penjualan dalam aspek pemasaran juga perlu diperhatikan. Pemasaran pada dasarnya adalah kegiatan meniliti kebutuhan konsumen terhadap barang/jasa. Barang/jasa tersebut harus memenuhi kebutuhan konsumen. Maka dari itu, seorang wirausaha harus mengetahui segmentasi pasar dari produk/jasa yang dijual. Sebagai contoh bahwa Citra adalah wirausaha brand make up, maka segmentasi pasarnya adalah wanita dari remaja hingga dewasa.
Sehingga, dengan mengetahui segmentasi pasar maka kegiatan penjualan dapat terarah dan tujuan penjualan dapat tercapai. Pemilihan platform penjualan juga mempengaruhi, apakah akan dijual secara online saja, offline saja, atau mungkin kedua-duanya. Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aspek pemasaran, khususnya penjualan (dapat berupa target penjualan per bulan, dsb.).
4.      Public Relations
Aspek pemasaran juga tentunya melibatkan fungsi kerja PR dalam suatu usaha. PR memiliki tujuan utama membangun citra yang baik terhadap suatu organisasi/usaha tertentu. Melalui strategi kehumasan, seorang wirausaha dapat meningkatkan aspek pemasaran, salah satunya yaitu strategi MPR (Marketing Public Relations). Kebutuhan dan kepuasan pelanggan menjadi yang utama dalam tugas MPR dalam memasarkan sekaligus membangun citra positif di publik. Sehingga, bukan hanya saja membuat masyarakat menjadi aware terhadap produk/jasa tetapi membangun kepercayaan (trust) dari publik.
            Itulah keempat aspek pemasaran dalam berwirausaha yang perlu diperhatikan bagi seorang wirausahawan. Keempatnya memiliki peran yang penting dalam suatu usaha.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar