Wirausaha merupakan
suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri dengan tujuan
menghasilkan barang atau jasa. Dalam berwirausaha, baik dalam membuka peluang
usaha bisnis jasa dan juga barang, diperlukan beberapa hal agar usaha tersebut
mencapai tujuan yang diinginkan, pada umumnya semua orang menginginkan setiap
usahanya berhasil dan sukses mencapai target.
Untuk
mencapai target-target usaha maka dibutuhkan manajemen organisasi yang baik.
Berdasarkan pengertiannya, manajemen adalah proses merencanakan,
mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi setiap usaha organisasi untuk
mencapai tujuan tertentu. Dalam sebuah usaha, manajemen yang perlu dipelajari
diantaranya mencakup manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen keuangan, manajemen
produksi, manajemen operasional, serta manajemen pemasaran. Langkah-langkah
seseorang untuk memiliki manajemen organisasi yang baik di dalam usahanya,
yaitu dengan :
- Menentukan
tujuan organisasi/usaha, dalam hal ini adalah tugas dari
seorang pemimpin organisasi, misalnya CEO. Tujuannya harus jelas, dapat berupa
target perusahaan, pencapaian, bahkan sistem organisasi yang diinginkan.
- Memahami
Fungsi Manajemen Bisnis, terdapat beberapa fungsi
manajemen yang secara umum dibagi 5, yaitu perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, pelaksanaan, dan pengawasan. Semuanya harus diimbangi dengan baik,
apabila perencanaannya sudah baik, namun pelaksanaannya tidak dilaksanakan
dengan baik, maka akan mempengaruhi hasil akhir.
- Tingkatan
manajemen, terdiri dari 3 tingkatan yaitu top management (puncak manajemen), middle management (manajemen menengah),
dan manajer lini pertama. Hal tersebut berfokus pada pembagian anggota
organisasi dalam bisnis, yang akan mengatur anggota organisasi di dalamnya.
Pada akhirnya, pola komunikasi akan terlihat dalam tingkatan manajemen.
- Pemahaman
manajemen bisnis, seluruh anggota organisasi harus paham
tentang tujuan organisasi, yang kemudian tercermin pemahaman dan interaksi dari
setiap bidang manajemen, misalnya manajemen SDM (HRD), manajemen keuangan
(Accounting), dll.
- Memiliki
keahlian manajemen, selain memiliki pemahaman, para anggota
organisasi juga harus memiliki keahlian manajemen, Misalnya; keahlian membuat
keputusan (oleh para pimpinan), keahlian hubungan manusia (human resources exc. & public
relations).
- Menetapkan
budaya organisasi, kata budaya disini merujuk pada aturan
organisasi dalam bidang manajemen organisasi, misalnya setiap karyawan harus
berkata sopan dan jujur, loyalitas kepada pekerjaan, dan sebagainya.
Sebagai seorang
wirausahawan, Anda adalah pemimpin atas usaha anda. Peran seorang pemimpin
dalam bidang kewirausahaan maupun berbisnis itu sangat penting. Penguasaan
tentang manajemen organisasi bukan hanya mengelola usahanya, tetapi juga
mengelola seluruh aspek yang mencakup usaha dan organisasi. Mengapa, manajemen
organisasi begitu penting bagi seorang wirausaha ?
Bayangkan,
apabila ide bisnis sudah bagus, modal usaha sudah punya, tetapi tujuan
organisasi masih belum jelas, dan manajemen pengelolaan usaha yang tidak baik,
maka usaha barang/jasa tersebut akan mengalami kemunduran serta tidak mencapai
tujuan yang diharapkan. Perlunya memahami bahwa pada dasarnya manajemen
organisasi itu mengenai 5P (Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pelaksanaan,
dan Pengevaluasian). Manajemen organisasi mencakup 5P tersebut, maka dalam
berwirausaha sangat penting untuk memahami atau mempelajari tentang manajemen
organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar