Senin, 23 Maret 2020

PENTINGNYA MANAJEMEN ORGANISASI BAGI SEORANG WIRAUSAHAWAN

Wirausaha merupakan suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa. Dalam berwirausaha, baik dalam membuka peluang usaha bisnis jasa dan juga barang, diperlukan beberapa hal agar usaha tersebut mencapai tujuan yang diinginkan, pada umumnya semua orang menginginkan setiap usahanya berhasil dan sukses mencapai target.
            Untuk mencapai target-target usaha maka dibutuhkan manajemen organisasi yang baik. Berdasarkan pengertiannya, manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi setiap usaha organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam sebuah usaha, manajemen yang perlu dipelajari diantaranya mencakup manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen operasional, serta manajemen pemasaran. Langkah-langkah seseorang untuk memiliki manajemen organisasi yang baik di dalam usahanya, yaitu dengan :
  • Menentukan tujuan organisasi/usaha, dalam hal ini adalah tugas dari seorang pemimpin organisasi, misalnya CEO. Tujuannya harus jelas, dapat berupa target perusahaan, pencapaian, bahkan sistem organisasi yang diinginkan.
  • Memahami Fungsi Manajemen Bisnis, terdapat beberapa fungsi manajemen yang secara umum dibagi 5, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan, dan pengawasan. Semuanya harus diimbangi dengan baik, apabila perencanaannya sudah baik, namun pelaksanaannya tidak dilaksanakan dengan baik, maka akan mempengaruhi hasil akhir.
  • Tingkatan manajemen, terdiri dari 3 tingkatan yaitu top management (puncak manajemen), middle management (manajemen menengah), dan manajer lini pertama. Hal tersebut berfokus pada pembagian anggota organisasi dalam bisnis, yang akan mengatur anggota organisasi di dalamnya. Pada akhirnya, pola komunikasi akan terlihat dalam tingkatan manajemen.
  • Pemahaman manajemen bisnis, seluruh anggota organisasi harus paham tentang tujuan organisasi, yang kemudian tercermin pemahaman dan interaksi dari setiap bidang manajemen, misalnya manajemen SDM (HRD), manajemen keuangan (Accounting), dll.
  • Memiliki keahlian manajemen, selain memiliki pemahaman, para anggota organisasi juga harus memiliki keahlian manajemen, Misalnya; keahlian membuat keputusan (oleh para pimpinan), keahlian hubungan manusia (human resources exc. & public relations).
  • Menetapkan budaya organisasi, kata budaya disini merujuk pada aturan organisasi dalam bidang manajemen organisasi, misalnya setiap karyawan harus berkata sopan dan jujur, loyalitas kepada pekerjaan, dan sebagainya.


Sebagai seorang wirausahawan, Anda adalah pemimpin atas usaha anda. Peran seorang pemimpin dalam bidang kewirausahaan maupun berbisnis itu sangat penting. Penguasaan tentang manajemen organisasi bukan hanya mengelola usahanya, tetapi juga mengelola seluruh aspek yang mencakup usaha dan organisasi. Mengapa, manajemen organisasi begitu penting bagi seorang wirausaha ?
            Bayangkan, apabila ide bisnis sudah bagus, modal usaha sudah punya, tetapi tujuan organisasi masih belum jelas, dan manajemen pengelolaan usaha yang tidak baik, maka usaha barang/jasa tersebut akan mengalami kemunduran serta tidak mencapai tujuan yang diharapkan. Perlunya memahami bahwa pada dasarnya manajemen organisasi itu mengenai 5P (Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pelaksanaan, dan Pengevaluasian). Manajemen organisasi mencakup 5P tersebut, maka dalam berwirausaha sangat penting untuk memahami atau mempelajari tentang manajemen organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar